Ehmm .. satu persatu sahabat-sahabat ku mulai akan memasuki dunia baru ... yups, trio nanana alias marina, diana dan wina ... sahabat aku dr SD nih.. stelah marina (aku sendiri) setaun sudah menikah, lanjut wina yg awal2 taun 2014 ini sedangmempersiapkan pernikahannya.. yahhh aku cuman bs bantuin dia lewat ide2 dan pengalaman aku sih sobat ... nanti kamu nikah aku pasti dtng dengan perut besar... hehe .. diana cepet yaa nyusul .. amien..
Tulisan aku kali ini karena terinspirasi dari wina yang lg siapin ini itu buat pernikahannya, oke deh ada beberapa yang perlu di persiapakan dari pengalaman aku waktu nikahan. Secara cuman 1,5 bulan aja persiapan pernikahan aku ini ... mepet bgt, aku lari dengan waktu dan aku pun di kejar dengan waktu ... tapi semua itu berhasil juga .. hasil kerja kerasku dan mamah yg menyuntik dana ..hehe .. suami aku jg .. hehe .. aku gak pake jasa WO deh lebih puas sendiri dan lebih irit jg ... walopun cape jg tapi buat pernikahan jangan di hemat2 jg deh tapi jangan jg di besar2in jg ... yang penting meriah dan semua puas. Apa saja yg perlu di persiapin dari awal sampai akhir ? Yuuu di simak dr pengalam aku :
1. Siapakan mental, fisik, pikiran dan tenaga. Jangan di pikir setelah menikah itu akan bebasa ya, menikah itu enak yaa ... menyatukan dua kepala itu sulit. Untuk perempuan, apakah kamu siap untuk meninggalkan orangtua dan mengikuti langkah suamimu pergi kemana pun? Apakah kamu siap tak akan bebas lagi seperti waktu gadis? Apakah kamu akan panut dan patuh pada suamimu? Pertanyaan untuk pria, apakah saya sudah siap untuk memenuhi semua kebutuhan rumah tangga? Apakah pekerjaanmu itu tetap? apa kah saya bisa berbuat adil pada istri dan kedua orang tua saya? Banyak pertanyaan yang perlu dipertimbangan. Untuk calon pengatin, sudah siapkah anda menjalani rumah tangga dalam susah dan duka? Saling setia dan saling menjaga? Kemanapun satu tujuan walau berbeda isi kepala tapi harus disatukan. Yang terakhir tanya akan dirimu sendiri, hati yang paliiiiiiiiiiiiiinnnnngggg duaaaaallllleeeeuummm ... apakah saya yakin bahwa dia jodoh saya? Jika yakin lanjutkan, jika ragu cepatlah sholat istikhoroh dan setiap dalam sholat meminta berikan jodoh yang terbaik. Ikutilah kata hatimu, karena hatimu tidak akan pernahberbohong.
2. Hari dan waktu. Kapan kita akan akad nikah? Kapan kita resepsi? Apa mau di seharikan? Itu harus dihitung benar2 yaaaaa ... kalo aku sih masih percaya gak percaya masalah hitungan hari baik itu .. tapi namanya juga orangtua dulu,ingin yang terbaik buat anaknya. Kita ikuti aja. Tapi tetap ya keputusan yang utama tuh di tentukan oleh pasangan calon pengantin itu sendiri.
3. Tamu undangan. Kita harus hitung mana saja yang mau di undang dan yang penting. Terutama kluarga, teman kantor ibu dan bapak, teman kita, teman suamidan dari pihak laki-laki juga. Kita list tuh siapa aja yang benar2 kita undang dan kenal banget. Hati-hatidalam memilih tamu undangan, kadang ada yang lupa gak k undangan, ehhh malah nanti orangnya marah dan ngomong gak enak. Mantan2 gak perlu deh di undang .. karena itu tidak penting. Yang pasti keluarga wajib harus di undang dan teman2 terdekat.
4. Budget. Setelah kita dapat list tamu undangan, sekarang kita tinggal mikirin budget, inget yaa dr pengalaman aku tuh, jangan langsung menghabiskan uang untuk resepsi pernikahan, apalagi kalo BERHUTANG! Karena setelah menikah kita banyak keperluan untuk memulai rumah tangga. Kecuali kalo sebelum2nya pasangan calon pengantin udah nabung dari dulu-dulu. Yang berhak menikahkan kita itu orang tua. Itu tugas terakhir orang tua setelah mendidik dan membesarkannya. Jangan takut2 berbicara tentamg budget ini. Rata-rata yang sulit tuh saat membicarakan budget ini kepada pihak pria. Tapi jangan takut, kita sebagai perempuan, terima saja berapapun jg. Kalo dalam adat saya (sunda), biasanya memang pihak perempuan yang ngadain pesta pernikahan itu. Pihak laki-laki hanya datang dengan keluarganya, dan tamu-tamu undanganbitu dari pihak perempuan karena laki-laki hanya mengikuti saja, itu kalo dari pihak perempuannya yang pesta. Nah kebalikannya kalo biaya lebih besar dari laki-laki, iya pihak perempuanpun yang mengikutinya, kalo di sunda tuh namanya ngunduh mantu. Kalau ingin pihak dua-duanya mengadakan pesta, itu wajib dibicarakan baik-baik jadi biayapun bisa di bagi dua dari pihak perempuan atau laki-laki. Jangan sampai ada yang ribut masalah biaya ya karena bisa-bisa pernikahan gagal, yang penting kalian (calon suami-istri) harus kompak maunya gimana dan jangan lupa komunikasi. Orang tua sekedar mengikuti saja.
5. Tempat. Setelah kita menghitung-hitung budget yang kita punyai, sekarang kita tinggal cari tempat. Biar sederhana mau dilakukan di rumah? Silahkan tergantung budget juga. Mau di gedung? Monggo. Mau di hotel? Boleh juga atau mau di KUA aja? Mana pun pilihannya di sesuaikan dengan budget dan keinginan calon pengantin dan orangtua. Perlu di ingat nih, untuk yang tinggal di kota-kota besar seperti jakarta, bandung dan lain-lain kalau kalian pesan gedung atau hotel itu harus minimal 1 taun sebelumnya dan maksimal 6 bulan sebelumnya, gak harus bayar full juga kok... di DP dulu aja, apalagi gedung atau hotel yang terkenal pasti waiting list. Ini yang perlu kita perhatikan, kira-kira ruangan tersebut memuat berapa banyak tamu? Sesuai tamu undanganmu. Kita harus cerewt dan banyak bertanya pada bagian adminitrasi yang mengatur gedung. Bagaimana fasilitasnya? Bagaimana listriknya? Bagaimana keamanannya? Bagaimana kebersihannya? Bagaimana parkirnya? Bagaimana ACnya? Bagaimana ruangan untuk dandan/ganti kostum/make up? Pokoknya itu yang penting, kalau gak kita akan menyesalinya.
Pengalaman aku niiihh untuk gedung pernikahan sangat menyesal pakai gedung itu. Di karenakan waktu ku mepet cari sana-sini gedung udah pada penuh. Akhirnya saya memilih gedung PKK provinsi bandung di jalan soekarno hatta. Gak banget lah, karena ketika kita tanya listrik, mereka bilang "besar" tak perlu tambahan tapi kenyataannya mati doooong pas acara mapag panganten atau menyambut pengantin, truuuuusss ampuuuuuuuunnn panasnyaaaaaaa, ampe keringetan, ternyata ACnya gak jalan ketutup ada di belakang padahal aku udah cerewet bgt tanya ACnya ... trus banyak cash nya lagi ... udah lah memang itu kesalahan memilih gedung, semoga kalian tidak mengulangi kesalahan seperti aku yaaa ..
6. Kostum dan Make up. Yang ini niih yang harus d pesan duluan, karena desain baju pengantin jarang ada yang mau kalo ngedadak tuh, pengalaman aku keliling ke tempat2 desainer mereka mau mengerjakan baju baru tuh minimal 3 bulan sebelumnya, emmm wajar sih soalnya bikin baju pengantin kan gak segampang membuat baju biasa. Tukang make up juga tuh seperti gedung,kita harus booking dia setaun sebelum maksimalnya, kalo memang mau tukang make up yang terkenal di kotanya, kalo mau yg biasa sih ke tukang rias pengantin biasa aja ... tergantung kita jg tapi siapa sih yang gak mau tampil beda di hari yang dilaksanakan sekali dalam seumur hidup. Iyaa gak? Hehehe..
Pengalaman aku, aku gak bisa pake baju desain baru jadinya aku pake baju yang stok aja alias yang ada aja di tempat desainer tersebut. Mana sulit pula memilih baju yang cukup dengan tubuh aku, maklum lah badannya semok ... hehehe ... dulu aku memilih kebaya belva untuk desainernya dan make up nya jasmine make up. Pengennya sih amq teh yuyun atau teh leyla tapi maklumlah jadwal mereka super duper padeeettt... tapi gak nyesel kok ama jasmine make up juga sama2 bagus kok, aku suka make up aku pas prewed dan akad, kalo yang pas resepsi gak terlalu suka sih. Tapi emaaanggg RECOMENDED juga lah amakebaya belva, cara kerja tim nya salut lah, bagus dan profesional!
Selain itu, aku juga punya perias khusus untuk keluarga dan teman dekat aku. Tak perlu lah belikan kain trus jahit untuk sodara2 atau temen dekat, malah ribet yang ada, untung perias kluarga ku baik bgt, setiap orang diberinya baju baru dengan model dan warna yang sama sesuai tema pernikahan aku di tambah make up pula. Jadikan aman juga tuh, budgwt gak terlalu besar, keluarga dan sahabatpun tak perlu repot. Pokoknya aku mau kluarga besarku dan teman2 aku merasakan kebahagian dan tak usah cape2an.
7. Cattering. Niiihhh ini yang sering tamu perbincangan, makanannya enak.. tapi tak perlu yang mewah atau punya nama untuk memilih cattering. Kita cari-cari dulu kemana-mana jangan cuman satu recomded saja tapi harus beberapa recomended dan jangan lupa kita tes food pada saat jasa cattering itu sedang ada kerjaan, kalo di kirimin jangan mau deh karena kan bisa aja di buat enak. Lebih baik langsung coba makanannya, kita lihat bagaimana cara penyajiaannya, cara membersihkannya dan cara menambah makanan jika mau habis. Kita icip tuh semua makanannya, apa yang enak di lidah itu jadi pilihan kita. Jika memang itu cocok di lidah kita oke deh tinggal kita pilih paket mana yang kita ambil sesuai budget dan kapasitas tempat (rumah, gedung, hotel, dll). Kalau belum cocok, yaaa kita cari lagi. Jangan lupa tanya juga sama orang yang udah pernah memakai jasa cattering tersebut. Sekarang ini banyak cattering itu dengan fasilitas2 yang ada di paketnya seperti fasilitas dekorasinya, pelaminan, kue, mobil pengantin, dan lain-lain. Oiaaaa jangan terkecoh yaaa ... tanya bagaimana banyaknya makanan berapa porsi? Karena ada aturan cattering buffet 80% dan stand 50%. Hati-hati yaa, ini yang harus kita cermati karena mengurangi jatah para tamu undangan. Jangan lupa juga sekarang jasa cattering itu di kali 2 dari 1 porsi tersebut. Karena tamu undangan biasa tidak datang sendiri, kecuali yang bareng2 temen2nya. Pokoknya jangan sampai makanan sudah habiiiissss ketika acara masih berlangsung karena ini yang membuat tamu undangan kecewa. Mereka tamu jadi harus benar2 kita jamu yaa... dengan menggunakan jasa cattering ini kita tak perlu cape belanja, cari tukang masak, bagaimana peralatannya? Yang pasti gak akan kotor deh tempat kita. Kalo masalah biaya mana yang murah? Itu tergantung pintar2nya kita memilih jasa cattering yang murah tapi enak dan memuaskan.
Pengalaman saya sih, saya memakai jasa cattering samudera. Sumpah deh samudra cattering RECOMENDED banggggggeeeeeeettttt... gak ada cacatnya sama sekali. Selain makanannya enaaaakkkk, penyajiannya jg oke, dan gak di pas malah di lebihin. Bagus banget lah cara kerjanya. Memang jasa cattering ini tidak banyak iklan katena dari mulu ke mulut aja udah banyak yang cari. Yang punya nya bu nyinyi tuh... puas banget lah ama cattering ini, suka bgt, puas banggggeettt ... selain murah, gak ngecewain, enak, makanann6a banyak, fasilitas lainnya pun oke bgt ... aku lupa dulu pake paket yang brp ribu perporsinya. Pokoknya gak nyampe 50rb/porsinya.. tuh dulu aku dapat makanan buffeterdiri dari : nasi putih, nasi goreng, ayam kodok, beef teriyaki, ikan saus asam manis, tumis sayur brokoli dan tofu, soup sosis baso, krupuk udang, air mineral. 3 stand dessert : buah potong (semangka, sunkis,melon), ice cream topping memakai rasa+waffle,choco cips dan sausnya, ice jelly singapur dgn bentuk unik memakai nata dede choco. Lalu 5 stand lainnya yaitu sate lontong, mie baso (terkenal niihh enaaaaaaakkkk bgt basonya), zupa-zupa, tempura, dan aneka pasta). Di tambah lagi makanan pagi tuh di beri lontong kari yang super duper enak dan itu langsng habis seketika. Include juga drkorasi,bmeja dan kursi vip dan pengantin, alat2 makan, kebersihan, nasi bunar, kue pengantin, mobil pengantin, ayam bakakak, alat makan, dab paket makanan untuk ortu pengantin. Pokokny niiihhhh gak ada bututnya, baguuuuussss bgt! Kalo ada acara lagi aku pasti pake samudra cattering.
7. Kartu Undangan. Kadang jasa pembuat kartu undangan pun tak ingin di buru-buru jadi harus pintar2nya kita kapan kartu undangan mau di buat, karena 2 minggu sebelum resepsi kartu undangan harus sudah kita bagikan, tapi sekarang sih jamannnya canggih, undangan bisa lewat dunia maya (fb, twitter, bbm, wa, dll) dengan sms atau tlppun sudah bisa tapi yaaaa gmn yaa? Kurang resmi kalo gitu kecuali memang mepet dan jauh di luar kota si tamu undangannya. Oh iya biasanya jasa kartu undangan juga mebatasi minimal 500 kartu, kurang dari itu harga lebih naik. Yaa memang begitu, biasanya lebih banyak lebih murah, heheheh ... politik dagang. Untuk kartu undangan kita harus pintar2 pilih ya, yang kreatif dan sopan gitu maksudnya resmi gitu ya...
Pengalaman aku cuman 1 bulan mempersiapan kan kartu undangan .. waduuuuuuuuhhhhh ....untung aja jasa kartu undangannya baik dan tepat waktu dan juga memuaskan hasilnya. Harus teliti ya nama dan gelar yang akan di pampamg di kartu undangan ... dulu kartu undangan ku lucu lhooooo ... pake kalender gitu tebal lagi bukan yang abal2,hehehe .. aku dulu pesan 500pcs ehhhh ternyata kurang jadi karena waktu semakin mepeeeetttt akhirnya kita pesan 300pcs lagi yang abal2 yg kertas undangannya tipis itu. Dan sebagian undangan hanya melalui pesan singkat dan facebook, bbm, dll.
8. Photograffer. Jangan lupa niiihh .. buat yang pilih jasa pemotretan nih jugaperlu waktu karena kadang2 juga waiting list tapi jangan takut, jasa pemotretan banyak kok yang bagus. Cuman yang harus di siapkan itu konsep buat prewed juga dan foto yang akan di pilih, trus jadwalnya juga harus disesuaikan dengan kerjaan kita dan kerjaan si pemotret. Jangan lupa pilih paket yang lengkap tapi menunjang dengan budget. Dalam pernikahan kenang2 kita hanya satu yaitu dokumentasi jadi jangan anggap sepele yaaa untuk memilih dokumentasi ini. Usahakan property itu jasa photografer yang menyiapkan, jangan kita yaaaa... anggap aja kita lagi sewa studionya kecuali kostum dan make up,itu urusan kita. Cari juga jasa pemotretan yang profesional dan tepat waktu.
Oke deh kalo pengalaman ku dulu, aku pakai jasa pemotretan uniqueart photograffer, bagus lah hasilnya tuh, karena kebetulan juga yang tukang motonya ini masih temen, jadi lah lumayan bisa korting,hahhaha... usahakan ada vendor2 kenalan seperti inijadi bisa mengurangi budget. Aku dapet paket kompliiit plus bonus2nya deh, selain prewed,hasil foto prewed, akad, resepsi, acara siraman tuh dokumentasinya bukan foto aja tapi juga video dan foto dengan figura2 yang besar. Lumayaaannnn lah tidak menyesal.
9. Dekorasi. Pilihlah dekorasi sesuai warna baju mu dan pilihan tema pelaminanmu sesuai dekorasi ruangan juga. Ini sih masalah gampang vendor manapun pasti siap mengerjakannya tapi hati2 ya, jangan sampai tertipu juga kadangkita pilih gambar yang ini kenyataan tidak sesuai atau dekorasi kosong. Mintalah bunga hidup ya, jangan bnunga plastik karena akan terlihat lebih segar kalo bunga asli. Pilih temamu, mau tema tradisonal,minimalis,internasional dll. Sesuai selera boleh atau mengikuti sesuai yang sedang trend juga boleh. Oia jangan lupa nih pasang AC atau blowwer dekat dengan pelaminan.
Pengalaman akusih dulu, memang sudah include dengan cattering tapi aku ingin lebih puas dan lebih hidup akhirnya memilih jasa dekorasi yang lain dan hasilnya sangat puas bangeeeetttt, aku pake SW vindo dekorasinya.
10. Hiburan. Banyak jasa hiburan, tak perlu mengantri nih kecuali kalo memakai bintang tamu. Banyak jasa hiburan yang selalu siap kok, konsepnya pun disesuaikan mau gamelan, pop, jazz, dangdutan dan tradisional, apapun itu selara kamuuuu ..
pengalaman aku sih memakai 2 hiburan tadisonal memakai sanggar sasaka domas dan hiburan yang ke duanya organ. Puas banget lah ama hiburan tradisionalnya, meriah banget walopun tuh budgetnya menguras biaya tapi gak nyesel deh ...
11. Cinderamata. Ini pun seperti undangan di batas harus memesan minimal 500pcs dan waktunya pun harus dari lama2 kalo yang rumit sih. Jangan lupa teliti karena terkadang barangnya tidak sesuai aslinya. Carilah harga yg murah tp barangnya tidak murahan.
pengalaman aku dulu dulu cinderamatanya gelas kecil trus pake gambar kartun gitu trus d beri hiasan dalamnya seperti jelli lilin.
12. Administrasi. Penting banget lhooooo ... tanpa daftar kita gak bisa ngelangsungin pernikahan. Agak ribet juga sih prosesnya, dari rt, rw, kel,kec trus kua.. laki dan perempuan juga ngurus itu lalu di daftarkan di KUA perempuan dan d proses, ada biayanya juga lhoooooooooo .... tapi yang ini gak nyampe 1juta, ini urusan laki-laki ya biayanya. Trus jangan lupa di cek nama dan point2nya, takutnya ada yang salah.
pengalaman aku pusing, itu di urusin RT aja, tau jadi aja deh ... heheheh ...
13. Perawatan. Jangan sembarangan perawatan yaaaaa apalagi kalo wajah hati2 ya. 1 bulan sebelum kita harus berenti dr salon produk kecantikan. Yang kita urus tubuh kita, spa, lulur, sauna, ratus, meni pedi, dll. Manjain deh tubuh kamu karena bentar lagi kamu bakalan jadi ibu rumah tangga yang super duper sibuk untuk perempuan. Banyak minum airputih, buah2an, sayuran, kurangi makan daging dan yang asin2 karena bisa panas pas resepsi.
Pengalaman saya manjain tuh spa pokoknya dalam waktu 3 bln sebelim tiap minggu sy datang ke tempat spa, enaaaaaakkkk bgt. Rasa cape di bayar dengan spa. Aku pernah coba2 kecantikan muka seminggu sebelum resepsi taunya muka aku tiba2 gatel2,bruntus gitu, bingung kan bagaiman? Hubungi langsung lah tukang make up aku, kena marah deh.. untung deh dikasih tau pake putih telur ayam kampung. Sembuh deh ... pas hari H aku tampiiiilll beda bgt ... hihihi...
14. Suntik TT. Wajib niiiih untuk yang mau menikah di suntik TT. Kita kan gak tau pasangan kita seperti apa, mencegah lebih baik juga kan? Sambil aku juga tes pra nikah tuh suntik TT. Ampuuuuunn dehhhh langsung demam n nyeri waktu suntik TTitulah efeknya. Tapi gak apa2 deh kan buat kesehatan kita juga.
15. Susun Acara dan Kepanitian. Gak perlu WO deh untuk ngerjain pas di hari H, keluarga besar aja yang dilibatkan sebagai panitia jangan lupa diberi seragam yang sama untuk mengatur dan mengontrol jalannya acara. Susun acara dengan waktu yang terjangkau. Itu pengalaman aku sih, alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sukses.
16. Seserahan. Kalo di kampung2 sih biasanya seserahan ini ampedi bawain lemari,tempat tidur, kursi dll tapi kalo di kota ku seserahan yang sewajarnya yang dibutuhkan perempuan seperti baju, tas, sepatu, seprai,handuk, alat kecantikan dll banyak laahh ... jangan lupa di jias yaa biar semakin cantik ...
17. Honeymoon. Buat yang pasangan yang masih punya budget boleh nih honeymoon biar berkesan... kamu sukanya apa? Pantai? Gunung? Atau gurun? Hhaha .. yang dekat2 juga oke2 aja gimana maunya sih. Kalo pengalaman aku dan suami aku sih langsung terbang k bali dan puas bgt lah, kita ambil paket khusus honeymoon, udah dengan tiket PP bandung-bali gak nyampe 5jt. 3 hari 2 malem, dapet hotel bintang 4, spa, mobil dan tour guide pribadi, makan ditanggung, wisata juga di tanggung dan yang paling romantis tuh makan malam dan lihat sunset, makan dipinggir pantai sooo sweeetttt bgt.... yaa jimbaran... pokoknya honeymoon aku bareng suami k bali puas bgt laaahhhh ...
17. Honeymoon. Buat yang pasangan yang masih punya budget boleh nih honeymoon biar berkesan... kamu sukanya apa? Pantai? Gunung? Atau gurun? Hhaha .. yang dekat2 juga oke2 aja gimana maunya sih. Kalo pengalaman aku dan suami aku sih langsung terbang k bali dan puas bgt lah, kita ambil paket khusus honeymoon, udah dengan tiket PP bandung-bali gak nyampe 5jt. 3 hari 2 malem, dapet hotel bintang 4, spa, mobil dan tour guide pribadi, makan ditanggung, wisata juga di tanggung dan yang paling romantis tuh makan malam dan lihat sunset, makan dipinggir pantai sooo sweeetttt bgt.... yaa jimbaran... pokoknya honeymoon aku bareng suami k bali puas bgt laaahhhh ...
wuuuuiiihh panjang banget ya ... semoga pengalaman aku menjadi inspirasi kalian yang yang sedang mempersiapkan pernikahan, ingat slalu berdoa minta kelancaran dan jodoh terbaik ... amien..maaf kalo ada kata2 yg salah atau yang kurang, karena berbagi adalah kepuasan saya ... terimakasih :)
Boleh mnta contact samudra catering mba?kirim k alamat email ydrastiani@gmail.com.trims
BalasHapusyang paling wajib dalam persiapan nikah kayaknya emang siap mental yg pertama :)
BalasHapusMbak kalo boleh tau kmren di bali pake jasa tour apa mbak? Terima kasih sebelumnya (arina.istiqomah@gmail.com)
BalasHapusMbak kalo boleh tau kmren di bali pake jasa tour apa mbak? Terima kasih sebelumnya (arina.istiqomah@gmail.com)
BalasHapusBlognya bagus banget kak ^^ Semoga persiapannya lancar dan semoga langgeng sampai maut memisahkan :)
BalasHapusSelamat pagi kakak. :) maaf numpang promosi ya. ^^
Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan dekorasi yang bagus tapi tetep dengan harga sesuai kantong anda?
Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com dan http://dekorasipernikahanjogja.com/
Ngebantu banget.. tapi kalau boleh ditambahin Susun acara dengan waktu nya dijelasin apa ajaa.. Makasih
BalasHapusmaaf mba mau tanya kira" habis berapa ya budgetnya ?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHalo dears, sekedar menambah referensi ni utk Wedding Venue di Bekasi - GRAND GALAXY CONVENTION HALL :
BalasHapus1. Fasilitas : Grand Ballroom bintang 5 dg harga function hall (langsung cek IG nya dears di @grandgalaxyconventionhall); Full carpet, crystal ceiling, full AC, dll
2. Sekarang lagi PROMO lho sampai bulai Juni dari 36.3jt menjadi 28jt ajah dears (kalau mau paketan pun juga ada) :)) + FREE charge akad nikah selama promo
3. 4 jam pemakaian (diluar persiapan)
4. Vendor-vendor kredibel : Akasya, Alfabet, Puspita Sawargi, Dwi Tunggal Citra, dll
5. Kapasitas hingga 2500 orang
6. Member of Bridestory & Weddingku
YUK! langsung kontak ke 02182425638 / 081284182948 / 087776644748
Thank you:)
Reply
Mau impian pernikahan kamu terwujud jadi nyata ? Ayo booking tanggal weddingmu sekarang di HIS Grand Slipi Convention Hall Wedding Package terlengkap semuanya sudah all in one, jadi capengers hanya perlu siapkan souvenir dan undangan aja.. Ayoo booking tanggal pernikahan -- For more info call / text / whatsapp : Amira : 0812-8280-8394
BalasHapusHIS Wedding Grand Slipi Convention Hall
BalasHapusVenue Wedding Terlengkap di Jakarta
Paket All-in-One , include :
- Ballroom dgn Kapasitas sampai 1500 Orang
- Catering (Buffet & Stall)
- Dekorasi
- Entertainment
- Photography
- Rias Busana / Bridal
- Wedding Organizer (8 Crew)
Bonus :
Wedding car for 8 Hours area Jakarta & MC
JULY HOT PROMO :
HONEYMOON (FREE) at The Kasih Villa's Bali for 3D2N
more info : PM me Dini or Call/WhatsApp 0812.8738.7883
HIS Wedding Grand Slipi Convention Hall
BalasHapusVenue Wedding Terlengkap di Jakarta
Paket All-in-One , include :
- Ballroom dgn Kapasitas sampai 1500 Orang
- Catering (Buffet & Stall)
- Dekorasi
- Entertainment
- Photography
- Rias Busana / Bridal
- Wedding Organizer (8 Crew)
Bonus :
Wedding car for 8 Hours area Jakarta & MC
JULY HOT PROMO :
HONEYMOON (FREE) at The Kasih Villa's Bali for 3D2N
more info : PM me Dini or Call/WhatsApp 0812.8738.7883
terencana dengan matang pernikahannya
BalasHapusbuat kalian yg mau nikah
bingung mau pesen cincin dimana silahkan cek web kami
https://dodolperak.com
https://cincinkawingolda.com
https://zlatasilver.com
harga terbaik waktu pengerjaan cukup 1 minggu dengan hasil yg memuaskan
Make your beautiful wedding memories with HIS Graha Elnusa Get best Deal NOW!!! Cuma DP 5jt buat lock tanggal, harga dan promonyaa Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! For more info please contact : Sasa 0899 0722 880
BalasHapusSAMPURASUN..
BalasHapusUntuk akang dan teteh calon pengantin, lagi cari gedung dan paket pernikahan di Bandung?
Kini HIS Wedding Venue & Organizer BALAI SARTIKA CONVENTION HALL, telah menghadirkan konsep terbaru yaitu Gedung Full Carpet dan Lampu Kristal yang membuat suasana pernikahan semakin elegant dan exclusive.
Special Booking di Bulan Februari 2018:
BOOKING FEE ONLY Rp. 5.000.000 & HONEY MOON PACKAGE
Untuk Informasi lainnya hubungi
TIA TIARA
Whatsapp 0853-5282-8252 (fast response)
Office (022)73517149
Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
WEBSITE: http://www.hiscorpvenue.com/ dan
INSTAGRAM: @his_balaisartika
Hai Calon Pengantin ~
BalasHapusPercayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE (Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana atau Bridal, Entertainment, Photography, WO, Wedding Car). Pernikahan kalian akan bergaya elegant seJakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 10 Juta juga lho!
Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.
> For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.
Halo Para Calon Pengantin Bandung!!!
BalasHapusKini HIS Corp. hadir dengan PROMO terbaru bulan Maret. Promo yang kami luncurkan yaitu ALL IN WEDDING PACKAGE. Penasaran ada apa aja sih di Paket weddingnya itu?
Mulai dari Venue yaitu di Gedung Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung. Catering, Dekorasi, Dokumentasi, Entertainment dan masih banyak lagi...
Selain Paket lengkap, Calon Pengantin juga akan dapat BONUS!! Seperti Honeymoon (3 Hari 2 Malam) di Bali, dll.
Selain BONUS, Calon Pengantin juga bisa mendapatkan Lucky Dip (Cincin emas, Voucher Frank N Co, dll)
Penasaran sama Paket Weddingnya? atau BONUSnya?
Yuk bisa datang langsung ke :
HIS Wedding Venue & Organizer
Gedung BIKASOGA
Jl. Suryalaya Indah No. 1-3 Buah Batu, Cijagra, Lengkong, Bandung 40265
Atau hubungi:
Zulfa whatsapp 089611648377
Dear grooms and brides to be, We presented our special grand ballroom with full carpet at the center of Bandung City, it was so luxurious! The package is all in include facilities, catering, full decoration, makeup and attire, photography and videography, music entertainment, traditional ceremony, profesional mc, wedding organizer, wedding car, and bonus. You will get a promo if you book on March 12, 2019 until March 17, 2019: - Logam Mulia 5gr - Free Honeymoon to Phuket - Microwave - Voucher MAP 500k What are you waiting for? Free consulting to us at HIS Kologdam Office or contact person: Ayu 081324570721. Thankyou
BalasHapusWEDDING VENUE & ORGANIZER PACKAGE di BANDUNG
BalasHapusHIS BALAI SARTIKA CONVENTION HALL
Comfort and elegant wedding venue, full carpet, AC, and beautiful main Enterance access
Only 4 KM from TOL Buah Batu
Start from 200jt ALL IN PACKAGE
For More Information please contact me on WhatsApp 089611648377 (Zulfa)
Dear Akang & Teteh Calon Pengantin..
BalasHapusSalam hangat dari HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung
Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer hadir dengan konsep terbaru dan ekslusif di gedung pernikahan Kologdam Grand Ballroom.
Fasilitas Kologdam Grand Ballroom :
Full carpet
AC Central + 14 Standing AC
Ceiling tinggi 10m
Kapasitas sampai dengan 2000 orang
2 Ruang Rias Full AC
Masjid Junudurrahmah untuk Akad Nikah
Area parkir luas
Free izin Keamanan, Kebersihan, Keramaian)
Free Genset
Untuk semakin mempermudah dalam menyiapkan hari pernikahan, Akang dan Teteh akan dibantu dengan fasilitas Wedding Consultant, Wedding Organizer dan Wedding Package (Dengan Pilihan Vendor Favorit di Bandung).
Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Kologdam di Jalan Aceh No 50, Merdeka, Bandung.
Diantos Akang Teteh..
Hai Para Calon Pengantin...
BalasHapusBuat yang masih bingung cari venue wedding karena udah terlalu banyak venue yang kamu datangi dan bosan dengan menu foodstall yang itu itu aja. Tenangggg aku punya solusinya, yukkkkkk datang langsung ke HIS Graha Elnusa (Jl. TB. Simatupang Kav 1B) karena aku punya paket pernikahan All In yang gak akan bikin kamu pusing dan stress dalam mempersiapkan pernikahan dan aku juga punya foodstall Millenial (Hong Tang, Sushi Tei, Gulu Gulu, Sour Sally, Yoshinoya, Baskin Robin) yang pastinya belum ada di gedung manapun. Untuk Info lebih lanjut bisa hubungi aku (Dwi) 0857-1837-2283 - Wedding Public Relation